Bangun Prestasi Lewat Porseni

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA - Asisten Pembangunan, Ekonomi dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya Lugito mewakili Bupati Kubu Raya membuka Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Guru tingkat Kabupaten Kubu Raya di Halaman SMP Negeri 1 Sungai Raya, Kamis (24/10). Porseni digelar terkait momentum Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kubu Raya. Porseni guru diikuti seluruh anggota PGRI di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya. Peserta meliputi guru TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA negeri dan swasta.

Lugito mengatakan, kegiatan Porseni harus dapat membangun semangat para guru. Karena jika guru semangat, dipastikan murid juga akan ikut semangat.

“Tetapi jika kita tidak semangat, muridnya juga akan tidak semangat. Jika kita punya suara yang lantang, punya kemampuan menguasai materi, menguasai metode, memiliki kepekaan sosial, dan punya kompetensi, maka akan terbangun motivasi yang luar biasa terhadap murid,” tuturnya. 

Lugito juga menyebut Porseni harus menjadi momen membangun rasa kebersamaan. Demi melakukan hal-hal positif. Terkait hal itu, ia mengingatkan peserta Porseni untuk menjaga sportivitas. Yang menang tidak boleh sombong dan yang kalah tidak boleh putus asa. 

“Dengan kegiatan Porseni ini, hasil yang ingin kita bangun adalah guru yang berkualitas yang menghasilkan peserta didik yang berkualitas,” tegasnya.

Lugito mengajak kepada seluruh insan guru di Kabupaten Kubu Raya terus belajar. Karena perkembangan semakin cepat, guru juga dituntut mampu menyesuaikan diri. 

“Mari kita bersama-sama membangun kegiatan Porseni ini dengan semangat. Upaya yang diharapkan hasil akhirnya adalah peningkatan prestasi pada anak didik. Baik di bidang akademis maupun bidang olahraga dan seni,” tuturnya.   

Ketua Panitia Porseni, Sujadi, mengatakan tujuan Porseni adalah untuk evaluasi pembinaan prestasi olahraga dan seni, khususnya di kalangan guru. Selain itu sebagai ajang silaturahmi antarsesama anggota PGRI.

“Sekaligus ini menjadi ajang penyaluran bakat dan minat olahraga serta seni para guru. Juga sebagai sarana penanaman jiwa sportivitas di kalangan guru,” tambahnya.

Ia melanjutkan, tujuan lain dari kegiatan Porseni adalah memasyarakatkan olahraga dan seni guru. Sehingga dapat tercipta sumber daya manusia yang sehat dan bugar. 

“Untuk cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan dan diperlombakan pada Porseni ini di antaranya tenis meja putra dan putri, bulu tangkis putra dan putri, futsal putra, bola voli putra dan putri, gala hadang putri, serta karaoke putra dan putrid,” paparnya. (jek)

JARINGAN SKPD