Bupati Lepas Pelayanan KB Bergerak

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA – Bupati Muda Mahendrawan melepas kegiatan Pelayanan KB Bergerak (Mobile) di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas dengan Kapal Bandung, Senin (28/10). Pelepasan dilakukan di Dermaga Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat, Jalan Adi Sucipto Kilometer 9,2 Kecamatan Sungai Raya. KB Bergerak dilaksanakan Tim Ekspedisi MKJP Kapuas yang terdiri dari BKKBN Perwakilan Kalimantan Barat, Lantamal XII Pontianak, Kodam XII Tanjungpura, Polda Kalbar, Kementerian Pertahanan Kalimantan Barat, dan Dinas Kesehatan. Kapal bandung memulai perjalanan dari Kabupaten Kubu Raya dan akan melintasi Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, dan Kapuas Hulu. Di setiap kabupaten, tim akan memberikan pelayanan KB kepada masyarakat. 

Bupati Muda Mahendrawan menyebut pelayanan KB bergerak bukan hal mudah. Kegiatan itu, menurutnya, merupakan bagian dari tantangan tugas yang dihadapi BKKBN. 

“Mengendalikan penduduk, mencegah orang kawin muda, dan semua yang berkaitan dengan keluarga dan rumah tangga ini bukan pekerjaan ringan. BKKBN sudah menancapkan sebuah contoh dan cara yang mungkin jarang dilihat orang,” ujarnya. 

Muda menuturkan, KB bergerak di Daerah Aliran Sungai Kapuas sekaligus mewujudkan penghargaan terhadap peradaban sungai. Di mana secara historis sejak dulu sungai merupakan area terdepan dan satu di antara jalur transportasi masyarakat. Sungai sejak dulu telah menjadi penghubung antardaerah. 

“Karena itu ini sekaligus sebuah penghargaan. Peradaban sungai sebetulnya sangat unggul. Apa yang dilakukan BKKBN juga menghargai peradaban sungai yang sudah banyak ditinggalkan orang,” sebutnya. 

Muda mengapresiasi langkah BKKBN bersama mitra lainnya. Ia menyebut pelayanan KB bergerak sebagai cara kreatif yang patut diapresiasi. Dirinya berharap cara dan model pelayanan tersebut dapat direplikasi daerah-daerah lainnya. 

“Ini sebuah hal yang sangat kami apresiasi. Jujur, BKKBN melakukan langkah-langkah yang tidak biasa dilakukan. Mudah-mudahan teman-teman daerah lain juga mereplikasi,” harapnya.

Muda mengaku Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat terbantu dengan berbagai program BKKBN. Karena, menurutnya, perkembangan penduduk terbilang sangat cepat. Baik disebabkan kelahiran maupun perpindahan orang. Sebab itu, ia memuji pelayanan KB bergerak yang dimulai dari Kabupaten Kubu Raya dan berakhir di Kabupaten Kapuas Hulu. 

“Dengan kemitraan lintas sektor ini kita bersama-sama mencoba berkolaborasi memberikan penguatan-penguatan dan hal-hal yang bisa membangun cara pikir yang lebih maju bagi mereka yang di kampung,” jelasnya. 

Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat Kusmana berterima kasih atas dukungan intens Bupati Muda Mahendrawan. Ia menuturkan, program pelayanan KB bergerak telah memasuki tahun keempat pelaksanaannya. Pelayanan KB di daerah aliran sungai, menurut dia, dirancang sebagai suatu bentuk implementasi dari nawacita Presiden Joko Widodo. Lewat kegiatan tersebut BKKBN hadir sebagai wakil negara di masyarakat. 

“Saya melihat beberapa wilayah kita di Kalimantan khususnya daerah aliran sungai, pada saat mau mendapatkan pelayanan KB mereka agak kesulitan untuk mengakses. Karenanya kita BKKBN mencoba untuk melakukan. Walaupun baru bisa setahun sekali karena keterbatasan kemampuan,” terangnya. 

Kusmana juga mengapresiasi sejumlah mitra lainnya. Seperti dari unsur TNI, Polri, perwakilan Kementerian Pertahanan, dan Dinas Kesehatan. 

“Dengan dukungan dari unsur-unsur lainnya yang selalu ikut, maka semangat selalu timbul untuk berbagi dengan saudara kita,” ucapnya.  

ketua panitia kegiatan, Hadirin, menerangkan, pelayanan KB bergerak akan memberikan layanan kepada masyarakat di daerah aliran sungai. Baik informasi dan pelayanan KB maupun tentang ketahanan bela negara hingga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Untuk pelayanan KB kami bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia di kabupaten masing-masing,” ungkapnya. (rio)

JARINGAN SKPD