Bupati Muda Komit Pelayanan Publik

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA – Sebagai hinterland Kota Pontianak, kegiatan perekonomian di Kabupaten Kubu Raya kian menggeliat. Hal itu seiring pula peningkatan jumlah penduduk di Kubu Raya. Ditambah posisi Kubu Raya sebagai pintu masuk Kalimantan Barat dari jalur udara, darat, dan air. Mengoptimalkan potensi tersebut, Bupati Muda Mahendrawan menyatakan komitmennya untuk terus menjaga kualitas pelayanan  publik termasuk proses perizinan berusaha.

“Kita terus berusaha memperbaiki pelayanan. Setelah dilantik sebagai bupati, yang dibenahi terlebih dahulu adalah pelayanan terpadu satu pintu di Kabupaten Kubu Raya,” kata Bupati Muda saat menghadiri Grand Opening Dunlop Proshop Karisma Kubu Raya, Senin (14/10) lalu.

Muda mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya agar masyarakat Kubu Raya mendapatkan pelayanan prima tanpa hambatan apapun. Untuk itu, ia telah menginstruksikan hingga ke jajaran terbawah agar proses pelayanan perizinan berusaha di Kubu Raya harus dicepatkan. 

“Kenapa? Karena kita melihat masyarakat butuh pekerjaan. Sehingga kalau kita lebih cepat memberikan izin legalitas, maka usaha itu akan segera berjalan. Otomatis juga membuka lapangan kerja. Di bidang apapun, semuanya pasti akan butuh tenaga kerja,” ujarnya. 

Berpenduduk terbesar ketiga di Kalimantan Barat, Muda menyebut tantangan yang dihadapi Kubu Raya adalah lapangan kerja dan percepatan pembangunan. Presiden Joko Widodo, menurutnya, juga telah meminta agar investasi didukung penuh. Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pun, lanjutnya, juga komit pada kemudahan proses-proses perizinan. 

“Dan untuk itu kita juga diarahkan untuk bisa melayani dengan cepat. Jadi pemerintah daerah ini sebagai pelayan saja. Jika nanti didapati ada hambatan-hambatan dalam urusan perizinan di sektor apapun, segera disampaikan agar bisa diatasi sehingga tidak menghambat,” sebutnya.

Muda menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berprinsip untuk terus berupaya memberikan kemudahan dalam pelayanan publik. Tujuannya agar usaha-usaha masyarakat bisa hidup. Dengan begitu perekonomian pun bergerak dan pengangguran tidak banyak. 

“Kalau pengangguran banyak kita juga yang repot. Bisa terjadi kriminalitas dan sebagainya,” ucapnya.

Karena itu, Muda menyebut pentingnya investasi dalam pembangunan suatu daerah. Dirinya menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komit memberikan pelayanan agar investasi dan kegiatan-kegiatan ekonomi berjalan maksimal. Dirinya berharap ke depan kawasan Kubu Raya akan menjadi magnet pengembangan. Terlebih dengan akan dibangunnya jalan lingkar luar (outer ring road) dan Jembatan Kapuas III pada 2021 mendatang. 

“Mudah-mudahan ini akan membuat suasana investasi maupun perkembangan usaha semakin baik. Sehingga bagi anak-anak muda juga mendapatkan banyak kesempatan untuk berdaya,” harapnya. (rio)

JARINGAN SKPD