Kubu Raya Gelar Seminar Nasional untuk Guru

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA – Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mewakili Bupati Kubu Raya membuka kegiatan Seminar Nasional Hari Ulang Tahun ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019 di Hotel Gardenia Kubu Raya, Kamis (14/11). Seminar digelar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kubu Raya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya. Diikuti 600 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Barat, seminar mengangkat tema “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul”. Turut hadir KetuaUmum Pengurus Besar (PB) PGRI Unifah Rosyidi. 

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Yusran Anizam menyebut guru sebagai orang yang paling berjasa di dunia. Karena bisa mencetak generasi muda yang mampu bersaing baik secara nasional maupun internasional.

“Khususnya guru Kabupaten Kubu Raya yang sangat kita harapkan bisa mendukung visi dan misi  Kabupaten Kubu Raya, yaitu menciptakan Kubu Raya yang bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, dan religius,” kata Yusran Anizam.

Menurut Yusran, sistem pendidikan berkualitas hanya akan lahir jika terdapat guru profesional di dalamnya. Profesionalisme, menurutnya, akan terjadi jika ada kompetensi dan kesejahteraan yang terpenuhi. Guru sebagai agen pembelajaran diharapkan memiliki empat kompetensi. Pertama kompetensi pedagogic, yakni kemampuan para guru mengelola pembelajaran peserta didik agar mampu mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Kedua, kompetensi sosial. Yaitu kemampuan guru berinteraksi secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat sekitar. Ketiga kompetensi kepribadian yang bermakna karakteristik pribadi guru harus menjadi teladan peserta didik.

“Dan keempat, kompetensi profesional yang merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam. Yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik untuk menguasai materi yang diajarkan secara mumpuni,” terangnya.

Yusran mengatakan Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah baru. Sehingga segala sesuatunya masih terbatas. Namun dengan keterbatasan itu, pemerintah daerah dan masyarakat tetap berupaya membangun Kubu Raya agar bahagia, bermartabat, terdepan, berkualitas, dan religius.

“Untuk mewujudkannya, tentulah diperlukan peran serta pemerintah dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya serta guru-guru di Kabupaten Kubu Raya,” katanya. (jek)

JARINGAN SKPD