Lomba Hatinya PKK, Rajati Siap Wakili Kalbar

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA – Desa Rasau Jaya 3 (Rajati) Kecamatan Rasau Jaya terpilih menjadi lokasi desa binaan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK Provinsi Kalimantan Barat 2019.  Nantinya Desa Rasau Jaya 3 akan mendapatkan penilaian dari tim PKK pusat. Bersaing dengan berbagai daerah lainnya di Indonesia. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Rosalina Muda, mengatakan Desa Rasau Jaya 3 sangat potensial dalam konteks lomba Hatinya PKK. Selain dekat dengan kota, Rasau Jaya 3 juga telah memiliki lingkungan dasar yang sangat mendukung. 

“Sudah ada Taman Rajati, ada sungai yang mengalir, dan jalan lingkungan yang asri,” ujar Rosalina saat menghadiri Safari Keagamaan PKK di Masjid Sabillil Mu'minin Desa Rasau Jaya 3, Minggu (20/10).

Rosalina mengungkapkan, meski penilaian baru dilakukan tahun depan, pihaknya telah memulai langkah persiapan. PKK kabupaten dan provinsi, ujarnya, akan datang untuk melakukan pembinaan di Desa Rasau Jaya 3. Ia menerangkan lomba Hatinya PKK tingkat nasional akan menilai lingkungan dan pekarangan rumah warga. 

“Yang dilihat adalah pekarangan rumah yang harus asri, indah, dan sejuk. Bukan yang kosong melompong, gersang, dan banyak rumput,” ujarnya. 

Terkait hal itu, Rosalina mengajak kaum ibu untuk mulai melakukan penanaman di halaman rumah masing-masing. Juga di pinggir jalan-jalan lingkungan. Tanaman tak harus mahal. Yang terpenting mudah tumbuh, tidak rewel, dan bermanfaat.

“Di depan rumah ditanam tanaman-tanaman yang bermanfaat. Seperti sayur-sayuran, cabai, tomat, dan sebagainya,” sebutnya.

Rosalina optimistis Desa Rasau Jaya 3 akan tampil prima dalam penilaian lomba Hatinya PKK. Menurutnya, yang terpenting telah ada tekad bersama dari seluruh pemangku kepentingan desa khususnya kaum ibu untuk mengikuti lomba.. 

“Insya Allah nanti ada bantuan bibit tanaman dan buah sayuran dari dinas pertanian kabupaten,” ungkapnya. “Kalau sudah waktu lomba nanti, akan ada tamu dari provinsi dan penilai dari pusat. Jadi kalau menunjukkan hasil yang mengecewakan kita akan malu,” tambahnya. (rio)

JARINGAN SKPD