Pemkab Buka Pendaftaran KRTV Fest

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Kubu Raya Traveler-Tourism Vlog Festival (KRTV Fest) 2020. Pembukaan pendaftaran KRTV Fest dimulai 2 Januari hingga 22 Januari 2020. KRTV Fest adalah festival video blogger yang bertujuan mengangkat potensi-potensi wisata di Kubu Raya melalui media kreatif. 

“Vlog yang terdaftar dan terkumpul akan diseleksi oleh tim juri mulai 24-31 Januari 2020. Disesuaikan dengan jumlah vlog yang masuk,” tutur Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, Iping Hindrawati, di Sungai Raya, Sabtu (4/1). 

Iping menerangkan, di tahapan pertama akan dipilih 40 vlog untuk berlanjut ke tahap seleksi kedua. Seleksi tahap kedua yakni awal Februari 2020. Dari tahap ini, ujarnya, akan dipilih 20 vlog untuk masuk ke babak final. Kemudian ditentukan para pemenang dan tersesuai berdasarkan kategori-kategori yang telah ditentukan. 

“Persiapan teknis dan penyebarluasan informasi kegiatan sudah kami siapkan dan lakukan. Demi mengotimalkan dan menyukseskan kegiatan ini,” ucapnya. 

Dia mengungkapkan, malam penganugerahan pemenang direncanakan pada 5 Maret 2020. Dalam sebuah jamuan makan malam bersama Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dengan dihadiri seluruh peserta KRTVF 2020. 

“Ini bentuk apresiasi kepada seluruh peserta vlog festival,” sebutnya. 

Lebih jauh Iping menjelaskan, KRTV Fest mengangkat tema “Menggali dan Mengembangkan Potensi Wisata di Kabupaten Kubu Raya”. Dia menerangkan, cukup banyak potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Kubu Raya. Mulai dari bentang keindahan alam, keragaman flora dan fauna, dan heterogenitas budaya serta adat istiadat. Kesemuanya, menurut dia, menjadi sumber daya penting yang jika dikelola sangat mungkin dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Jadi melalui ajang KRTV Fest 2020 hal itu bisa dimaksimalkan. Tentunya butuh waktu dan proses. Selain sebagai sarana untuk lebih mengenalkan dan mengeksplorasi, juga dapat mengangkat potensi-potensi yang ada di Kubu Raya melalui media kreatif yakni video blogger atau vlog,” paparnya. 

Karena itu, Iping mengajak kaum muda untuk beramai-ramai mengikuti KRTV Fest. Dirinya mengaku berharap ada karya-karya segar berkonten lokal kuat yang nantinya dihasilkan oleh generasi milenial Kubu Raya. Tak kalah penting, lanjutnya, proses dan dampak perhelatan KRTV Fest 2020 diharapkan bisa mendongkrak minat masyarakat melakukan perjalanan ke destinasi wisata yang ada di Kubu Raya. 

“Jadi siapa yang tidak mau jika jalan-jalan wisatanya lebih berguna. Selain memberi informasi tempat-tempat wisata di Kubu Raya, membantu berbagai kalangan, juga ditonton banyak orang. Bahkan berpeluang menang dan mendapat uang pembinaan. Maka melalui perhelatan KRTV Fest 2020 itu semua bisa terjadi,” ajaknya.  

Akhir tahun lalu, Dinas Pariwisata juga menggelar diskusi santai sebagai salah satu upaya sosialisasi KRTV Fest. Diskusi dihadiri para praktisi, pelajar, mahasiswa, dan kaum muda lainnya. Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Pariwisata Iping Hindrawati, praktisi perfilman Atta Budi, dan penulis sekaligus pelaku wisata Ahmad Sofian. 

Secara terpisah, Bupati Kubu Rata Muda Mahendrawan menyebut KRTV Fest sebagai satu di antara inovasi dan improvisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengangkat potensi wisata di Kubu Raya. KRTV Fest, menurut dia, menjadi media interaksi untuk menjembatani para vlogger pada khususnya dan pelaku ekonomi kreatif secara umum dengan masyarakat serta Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui cara yang inovatif. Festival, tambahnya, juga menjadi salah satu wadah penting pengembangan kemampuan dan eksplorasi potensi kaum muda di Kubu Raya khususnya, dan Kalimantan Barat serta Indonesia pada umumnya.

“Ini sesuai dengan tagline ‘Dari Kubu Raya untuk Indonesia’ yang selalu kita gaungkan. Keterhubungan dari potensi-potensi wisata dan potensi para milenial sebagai upaya bersama untuk menjadi juara dalam menggelorakan pariwisata di Kubu Raya,” tuturnya.

Lebih jauh Muda menerangkan, upaya menggali dan mengembangkan potensi wisata yang ada merupakan hal utama. Dikaitkan dengan perkembangan kecanggihan teknologi digital sekaligus mewadahi potensi kaum muda milenial dengan kreativitasnya. Atas dasar itulah, menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Kubu Raya Traveler Tourism Vlog Festival atau KRTV Fest. 

“Kegiatan ini bertujuan mengangkat potensi wisata lokal, meningkatkan gairah per-vlog-an, serta dalam rangka regenerasi sineas dari kalangan milenial Kubu Raya,” ucapnya. 

Muda menambahkan, festival juga menjadi ruang bagi keterlibatan seluruh elemen daerah untuk bersama-sama mendukung promosi pariwisata di Kubu Raya. Ia menyebut setidaknya ada tujuh kategori yang akan menjadi kriteria pemenang vlog. Dari vlog terbaik, vlog terfavorit, narator/pembawa vlog pria dan wanita terbaik, penata suara terbaik, kameraman terbaik, dan editor terbaik. (rio)

BERITA LAINNYA

  • Rabu, 22 Januari 2020
Pejabat Teken Kontrak Kerja
  • Selasa, 21 Januari 2020
Pasar Rakyat Bahagia Beroperasi
  • Jumat, 17 Januari 2020
Masjid Harus Rangkul Kaum Muda

JARINGAN SKPD